|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Canting Batik Tulis Elektrik


Berbicara mengenai batik, tentu tak kan lepas dari alat yang namanya Canting, karena alat ini selalu dibutuhkan untuk setiap pembuatan batik tulis maupun batik cap. Canting itu sendiri berfungsi untuk menorehkan lilin malam pada pola motif batik yang telah digambarkan pada kain mori yang siap untuk dibatik.

Canting secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu canting tulis dan canting cap. Dalam pembahasan kali ini yang akan diulas adalah canting batik tulis, dimana dengan kreatifitas pengrajin batik dihasilkanlah canting batik tulis elektrik.

Penggunaan canting batik tulis cara pengambilan lilin malamnya adalah sedikit-sedikit sesuai dengan kapasitas ukuran nyamplung canting itu sendiri. Di samping itu lilin malam yang sudah berada di nyamplung harus segera ditorehkan di atas kain mori, karena bila kelamaan akan menyebabkan lilin malam menjadi dingin dan mengental sehingga lilin malam tidak bisa keluar dari cucuk canting.

Canting batik tulis tradisional ini dirasa kurang efisien dan tidak bisa digunakan untuk pengerjaan yang lebih cepat dan cucuk canting juga berpotensi sering rusak.






Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio

Check PageRank


2017-06-27 22:28:47 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP