|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Jas Hujan Batik


Musim penghujan di awal tahun intensitasnya sangat tinggi sekali, sehingga terkadang menyebabkan hampir setiap hari terjadi hujan, bahkan mataharipun enggan menampakkan dirinya. Hal ini tentunya membuat udara menjadi dingin dan cenderung lebih lembab dibanding hari-hari biasanya.

Bagi sebagian orang, hujan akan memberikan dampak positif, namun bila hujan terlalu sering dengan curah yang tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir tentunya ini akan menjadikan bencana.

Tak elaknya bagi para pengrajin batik, hujan akan sangat menghambat sekali proses produksi batik, apalagi hujan yang terjadi di siang hari. Pasalnya dengan terjadinya hujan di siang hari otomatis cahaya dan panas matahari tidak akan turun hingga ke bumi. Padahal seperti diketahui bersama bahwa proses produksi batik sangat tergantung dan membutuhkan bantuan cahaya dan panas matahari.

Di musim penghujan pada awal tahun, hampir sebagian besar pengrajin batik harus menghentikan terlebih dahulu proses produksi batiknya, karena jika dipaksakan akan berdampak kerugian materi yang cukup significant. Kain batik yang sudah diproses pengecapan maupun printing yang selanjutnya memasuki proses pengeringan, akan menjadi terbengkalai, bahka jika terlalu lama posisi kain dalam keadaan basah bisa jadi menyebabkan proses pewarnaan batik gagal atau bahkan mungkin kain batik menjadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Memang sangat dimungkinkan pengeringan menggunakan alat bantu pemanas buatan ataupun oven, namun penggunaaan alat bantu pemanas ini sangatlah tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh hasil pewarnaan yang kurang bagus, karena tidak mendapatkan cahaya matahari yang mengandung beberapa sinar ultraviolet yang membantu pencerahan warna. Selain itu dengan pemanas buatan proses pengeringan kain batik juga berpotensi tidak merata. Dan hal lain yang sangat dipikirkan oleh pengrajin batik adalah investasi dan biaya yang dikeluarkan untuk pemanas buatan ini sangatlah besar biayanya.

Proses produksi batik terpaksa harus dihentikan dahulu, namun kebutuhan ekonomi dan perputaran modal bagi pengusahan batik haruslah tetap berjalan, sehingga memaksa pengrajin batik untuk berinovasi. Salah satu inovasi yang dihasilkan dan sangat cocok untuk bisnis di musim penghujan dengan tidak menyimpang dari core bisnis batik adalah dengan melakukan pembuatan jas hujan batik.

Usaha keras, inovatif dan kreatif melalui pembuatan jas hujan batik ini ternyata mendapatkan hasil yang sangat fantastis, dimana jas hujan batik ini sangat banyak permintaannya. Dengan demikian roda ekonomi para pengrajin batik tetap bisa berputar walaupun di cuaca yang tidak mendukung dilakukannya proses produksi batik.




1 comments
Azzahra amalia putri
Terimakasih atas informasi nya
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor
Check PageRank


2017-12-17 17:01:07 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP