|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Launching International Batik Center (IBC)


International Batik Center (IBC) yang telah dinanti-nanti oleh para pengrajin, pengusaha, pemerhati dan pecinta batik akhirnya di launching pada tanggal 03 Maret 2012. Awalnya IBC akan di launching pada bulan Februari 2012, namun karena masih ada beberapa pekerjaan teknis yang belum selesai, maka agenda launching dijadwalkan pada bulan Maret 2012. Sedangkan pemilihan tanggal 3 Maret 2012 hanya dilandaskan kepada pemilihan hari sabtu dan tanggal muda, dimana akan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para pelaku batik yang berasal dari luar kota Pekalongan seperti Jakarta, demikian sambutan yang diberikan oleh Yusuf Gunawan Preskom PT Guna Group yang merupakan owner dari IBC ini.

Di sela-sela sambutannya ternyata ada salah satu hadirin yang merupakan kolega dari Yusuf Gunawan, menyampaikan bahwa hari ini tanggal 03 Maret juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya Yusuf Gunawan. Maka tak pelak lagi panitia launching IBC langsung menyiapkan kue ulang tahun. Lagi-lagi Yusuf Gunawan menyebutkan bahwa pemilihan tanggal launching tidak ada hubungannya dengan hari kelahirannya, namun semata-mata karena pertimbangan bisnis dimana dipilih tanggal muda dan weekend yang memungkinkan para undangan untuk mendatangi acara launching IBC ini.



Peresmian beroperasinya gedung International Batik Center ini juga dihadiri oleh Menteri Negara Percepatan Daerah Tertinggal, Helmy Faisal Zaini. Helmy yang merupakan asli orang Cirebon, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pintu gerbang budaya batik adalah Pekalongan, makanya sangat tepat jika keberadaan International Batik Center berada di Pekalongan.

Helmy juga sangat berkepentingan untuk mengangkat dan meningkatkan bisnis batik, karena bisnis batik merupakan salah satu denyut nadi UKM di Indonesia. Sehingga perkembangan bisnis batik adalah kinerja dari kementrian PDT yang dipimpinnya. Oleh karena itu, dia mewajibkan setiap jajaran kementrian PDT untuk menggunakan busana batik pada hari jumat, dan mengenakan sanksi bagi yang melanggarnya.

Di akhir sambutannya, Helmy menginstruksikan kepada seluruh rombongan kementrian PDT untuk wajib membeli batik dari IBC ini, sebagai wujud turut serta mengangkat dan mempertahankan budaya batik serta kemajuan UKM di Indonesia.

Sementara itu, dewan pembina IBC Habib Lutfi bin Ali bin Yahya yang merupakan tokoh ternama di Pekalongan menyampaikan bahwa budaya batik yang merupakan turunan luhur dari nenek moyang Pekalongan dan bangsa Indonesia, harus terus dipertahankan, terutama oleh generasi muda saat ini. Mempertahankan budaya batik tidak hanya cukup dengan menggunakan pakaian busana batik, tetapi harus benar-benar mengerti proses pembuatan dan makna dari motif batik itu sendiri. Tidak jarang orang yang menggunakan tekstil bermotif batik, padahal itu sebenarnya bukan batik. Batik yang asli adalah batik tulis, batik cap, dan kombinasi keduanya, dimana proses pembuatannya membutuhkan cairan lilin malam sebagai penghalang dalam proses pewarnaan.



Hadir juga dalam acara launching International Batik Center ini adalah Ibu Larasati Suliantoro Sulaiman, yang merupakan ketua Paguyuban Pecinta Batik Indonesia "Sekar Jagad". Beliau juga turut aktif dalam proses acar launching IBC ini yang ditandai dengan pemukulan lesung (alat penumbuk padi) secara bersamaan. Pemukulan lesung yang merupakan simbol kebersamaan dan kebarokahan, sebagai tanda beroperasinya IBC ini dilakukan oleh Preskom PT Guna Group Yusuf Gunawan, Menteri Negara PDT Helmy Faisal Zaini, Penasehat IBC Habib Lutfi bin Ali bin Yahaya, Bupati Pekalongan Antono, ketua paguyuban pecinta batik Indonesia Ibu Larasati Suliantoro Sulaiman.

Semoga dengan diresmikannya IBC ini tidak hanya merupakan simbol arogansi semata, namun lebih kepada mengedepankan budaya batik dan meningkatkan perekonomian UKM batik. Pihak manajemen IBC juga agar tetap menjaga komitmen untuk mengawasi batik yang asli (tulis, cap, atau kombinasi keduanya) yang hanya boleh diperjualbelikan di area IBC serta selalu berusaha untuk menciptakan iklim yang kondusif dan meramaikan IBC melalui event-event yang berskala nasional ataupun internasional.

Disadari atau tidak nama Pekalongan sudah sangat dikenal sebagai kota Batik, sehingga orang yang mencari batik di Pekalongan pasti sudah membawa harapan dan angan bahwa membeli batik di pusat kota batik tentunya harganya lebih murah dari kota lainnya. Sehingga jika harga jual batik di IBC lebih mahal dibandingkan dengan di pasar batik di kota lain, tentunya ini akan berdampak buruk kepada perkembangan IBC itu sendiri.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio
Check PageRank


2017-10-23 02:09:05 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP