|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Batik Printing Motif Tulis


Kreatifitas batik sangatlah tak terbatas, apalagi ketika pesanan membludak. Suatu motif batik tulis yang dilempar ke pasaran kemudian mendapat respon bagus dari pembeli, reseller maupun agen, tentunya akan memaksa pengrajin batik untuk membuatnya dalam jumlah yang lebih banyak.

Proses batik tulis yang membutuhkan waktu relatif lebih lama dari proses pembatikan yang lain, tentunya akan menjadikan pengrajin batik tulis untuk membuat strategi yang lebih efisien dalam proses produksi batik tulisnya, agaromset bisa terselesaikan sesuai waktu yang telah dipesan oleh konsumen.

Pembuatan batik tulis yang melalui proses penggambaran, japlak, nyanting tulis, pewarnaan, pelorodan serta pemopokan membutuhkan sekurang-kurangnya waktu sebulan. Ini tentunya sangat tidak efisien. Ditambah lagi dengan penawaran harga yang jauh di bawah dari standard harga batik tulis.

Hal inilah yang mendorong terjadinya alih proses batik. Batik tulis dialih proseskan menjadi batik printing tetapi dengan motif sama seperti batik tulis. Proses batik printing ini sama seperti batik printing biasa, yaitu diawali dengan pembuatan plangkan batik printing. Gambar di atas merupakan salah satu plangkan yang mempunyai motif batik tulis ikan.

Setelah plangkan dengan motif batik tulis selesai dibuat, selanjutnya dilakukan proses pembatikan printing seperti biasa, yaitu dilakukan penyablonan warna sesuai warna yang diinginkan. Adapun detail dari proses batik printing seperti yang telah dijelaskan di sini

Bagi konsumen yang belum paham betul cara membedakan batik printing dan batik tulis, tentunya akan melihat batik ini sebagai batik tulis yang sama. Cara membedakan batik tulis dan batik printing bisa diketahui secara mudah bagi yang sudah terbiasa membeli batik.

Batik printing motif tulis ini biasanya diaplikasikan untuk pesanan seragam batik dalam jumlah yang relatif besar, sehingga bisa menghemat biaya dan waktu. Seorang pedagang batik yang baik dan profesional, baik itu untuk penjualan konvensional (offline) maupun penjualan melalui media internet online, akan mengatakan dan menjelaskan dengan transparan dari proses pembuatan batik itu sendiri, sehingga konsumen tidak dirugikan dan rezeki yang didapatkan oleh pedagang batik tersebut akan halal dan barokah.




Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio

Check PageRank


2017-06-24 19:14:27 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP