|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Batik Peta Terbesar Pecahkan Rekor MURI


Program Studi Geogragi UNS dan SMKN 9 Surakarta memecahkan Rekor Muri dengan membuat peta NKRI terbesar di Indonesia melalui media batik, Kamis (14/3).

Pembuatan peta berukuran 6 meter x 12 meter tersebut melibatkan mahasiswa Geografi UNS, 18 guru dan 42 siswa SMKN 9 Surakarta.

Menurut koordinator kegiatan, Dr Muhammad Gamal MSi, proses pembuatan peta batik mulai dari menggambar, ngolongi, (menebalkan gambar dengan malam), nerusi, mewarnai hingga nglorot tersebut selesai dalam waktu empat jam.

Guru jurusan tekstil SMKN 9 Surakarta Zumronah mengemukakan jika siswanya diminta untuk terlibat dalam pembuatan peta batik raksasa tersebutkarena mereka mengetahui dan mampu untuk membatik dengan baik.

Salah seorang siswa SMKN 9 Pranasmara Dian Rinentis mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.Membatik baginya adalah hal biasa, namun baru kali ini ia membatik peta kepulauan Indonesia yang membutuhkan ketelitian tinggi.

Siswa lainnya Rita Wahyu Nurjanah siswa kelas 11 SMKN 9 mengemukakan untuk membatik peta dalam waktu empat jam memerlukan kecepatan serta ketelitian.

Peta berukuran besar tersebut dibatik di atas kain mori dan dibagi menjadi enam lembar berukuran berukuran 1 meter x 12 meter. Tiap lembar diselesaikan tujuh siswa.

Peralatan seperti canting dan kompor listrik dibawa sendiri oleh siswa, sedangkan malam dan kain disediakan panitia. Setelah selesai dibatik, kain lalu disatukan sehingga menjadi peta berukuran besar.

Untuk memudahkan proses membatik, siswa menggunakan kompor listrik untuk melelehkan malam. Sebab jika menggunakan kompor minyak, mereka kesulitan bahan bakarnya. Selain itu, kompor minyak juga kurang praktis dan sulit untuk dibawa.

'Untuk warnanya dari remasol yang akan diberikan dari komunitas pembatik Laweyan,' kata Zamronah.




Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor
Check PageRank


2018-07-21 01:31:19 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP