|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Seragam Batik KBIH dan Umroh


Semenjak antrian pemberangkatan jemaah haji yang begitu panjang, yaitu sekitar 5 sampai dengan 7 tahun, hal ini mengakibatkan terjadinya lonjakan pelaksanaan umroh dari jemaah Indonesia. Kita bisa secara langsung melihat kondisi jamaah di Masjidil Haram melalui link di sini. Ini memang akan terjadi terutama bagi jemaah yang sudah hampir lanjut usia dan mempunyai rejeki yang mencukupi untuk berangkat umroh juga.

Tentunya ini berdampak positif bagi para pengelola KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang juga menyelenggarakan Ibadah Umroh, dimana permintaan untuk penyelenggaraan ibadah Umroh meningkat dari seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Jemaah Haji dan Umroh dari Indonesia sebagian besar akan menggunakan seragam batik ketika di Arab, hal ini selain untuk mempermudah mengenali sesama jemaah dari Indonesia (walaupun mungkin seragam batik antar rombongan berbeda), juga sebagai ciri khas dari warisan budaya bangsa Indonesia berupa batik.

Banyak KBIH dan Umroh yang telah memiliki seragam batik, tetapi banyak pula yang seragam batiknya tanpa ada logo dari penyelenggara KBIH dan Umroh tersebut, seperti terlihat pada gambar di atas. Sehingga terkadang tanpa disengaja ada saja jemaah yang mempunyai seragam batik yang sama walaupun penyelenggara KBIH dan Umrohnya berbeda. Ini perlu kehati-hatian, jangan sampai salah mengikuti rombongan yang mungkin berpotensi salah menaiki transportasinya.




Membuat seragam batik KBIH dan Umroh sebenarnya tidak terlalu sulit, dan sangat banyak pula pengrajin batik di tanah air yang mampu melakukan pembuatan seragam batik dengan menggunakan logo dari pemesan. Selain itu motifnya juga bisa disesuaikan dengan motif asli daerah dari lokasi pemesan, sehingga bisa menggambarkan ke-khas-an dari batik itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan juga motif dan warna dari motif batik daerah dimodifikasi agar bisa matching dengan logo dari KBIH dan Umroh pemesan. Kepemilikan dari seragam batik berlogo KBIH dan Umroh ini selain sebagai identitas dari jemaah, juga berfungsi sebagai souvenir yang akan menyatukan alumni rombongan KBIH dan Umroh ketika ada kegiatan arisan atau pengajian.

Pemesanan seragam batik KBIH dan Umroh biasanya dalam bentuk potongan kain 2,5 meteran, sehingga model busana dan ukurannya bisa sesuai dengan kondisi masing-masing jemaah, yang bisa dibuat dalam bentuk jas, gamis, maupun jaket.

Atas nama para pengusaha batik, tentunya merupakan suatu penghormatan kepada penyelenggara ibadah Haji dan Umroh, karena secara langsung maupun tidak langsung telah mempromosikan batik hingga ke luar negeri. Jayalah batik Indonesia, semoga ibadah Haji dan Umroh nya diterima oleh Alloh Swt serta mendapatkan balasan pahala yang paling tinggi.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio
Check PageRank


2017-08-18 13:46:16 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP