|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



pewarna batik Arsip Batik





















































Zat Pewarna Batik


Zat warna batik biasanya digunakan dalam proses pencelupan, yaitu suatu proses pemasukan zat warna ke dalam serat bahan mori, sehingga diperoleh warna yang sifatnya dapat dikatakan kekal. Zat warna yang biasanya digunakan dalam pembatikan tanpa sesuatu perubahan dalam pemakaian adalah zat warna bejana, zat warna langsung dan zat warna pigmen.

1) Zat warna bejana
Zat warna bejana mempunyai sifat antara lain adalah tahan gosokan dan cahaya. Dari jenis zat warna ini yang dapat digunakan dalam proses pembatikkan hanya terbatas pada indigoida dan indigosol.

2) Zat warna langsung
Zat warna ini mempunyai sifat cepat larut dalam air. Zat warna langsung dibagi menjadi dua jenis yaitu zat warna reaktif dan zat warna soga. Zat warna reaktif dapat dipakai dengan air panas ataupun dingin, sedangkan zat warna soga dipakai dengan air panas saja.

3) Zat warna pigmen
Zat warna pigmen yang sering digunakan dalam pembatikan adalah zat warna napthol. Proses pewarnaannya ada dua tingkatan yaitu : pertama, pencelupan napthol, kedua, pembangkitan warna dengan larutan dioxo atau nyareni.




28 comments
abdulganiruslan@yahoo.co.id
Penjelasan kurang rinci / detail
Admin
@abdulganiruslan:
untuk sementara itu informasi yang bisa kami berikan.
jika sudah mendapatkan informasi yang lebih detail, segera kami upload
awik
minta skema warna naptholnya dong
Admin
@awik : alamat emailnya apa ?
sas
boleh minta juga gak skema warna naptholnya alamat email saya : angel.sec@gmail.com terima kasih
sarjono
dengan adanya tema ini saya tertarik dengan teknik tersebut,kalau bisa beri contoh yang lebih sederhana lagi makasih. alamat saya jnsr_kds@yahoo,co,id
alvan
boleh tanya obat untuk mencabut warna kain yang udah di naptol supaya menjadi putih lagi apa ya? kalau boleh dengan cara prosesnya gimana? alamat saya alvan_cell@yahoo.com
Raayah Silmi
penjelasan'y krg detail...
blh minta detail'y? oya_scooter@yahoo.co.id
trihagung
sebatas itu kah !!!!!utk koment mas ALVAN, utk mencabut warna NAPTHOL saya punya rumusnya...memang gk putih banget sih....cuma lumayan utk bisa di warna lg.....( FB : agung suit-suit)
trihagung
saya baru belajar warna REmASOL....klo user punya info, help me.............thank
Moely arrahman"
Aku mau tanya yg bisa ngrti tlong jwb?
Klo cara buat sablon cabut resis
itu apa obtny dan gimana carany,.?
Jlskn scra details.
Almt fbku moely_arrahman@ymail.
iwan aceh
klo untuk proses pembuatan batik pelangi... Yg tepat apa jenis/namanya biasa d pake ??? Slain dr segi harga yg bs muarah dikt dr napthol...to indigosol... Maksh.... Giannineseven@yahoo.com
akrom
aku mau tanya klo pigmen kalo ktmu kain basah supaya gak luntur campuranya pa ea?
Klo ada yg tau tlng jwb
Akrom.xp@hotmail.com
shyndu
mas saya mau tanya pengunci wantek biar tidak luntur apa ya? Ushyndu@yahoo.co.id
aura
mau tanya ada g obt pengunci
wantek biar tidak luntur dan apa mereknya?trims
lilis
mau tanya tntang warna remasol,
mohon info detailnya & pengunci warna agar tidak luntur.....makasih

lilis.ordinary@yahoo.com
afriliaa
wahhhh..... istirahat.. :)
peter s lesmana
mau tanya nih.. obat untuk menghilangkan atau mencabut warna apa ya..?? dan jenis pewarna apa yan bisa dihapus atau di hilangkan... makasih
agus suryana
mau tanya.. kalo untuk pewarna batik sablon jenis pewarna dan campurannya apa ya..? apakah sama dengan pewarna sablon biasa..? terima kasih
willem warta k
mau minta cara menggunakan remasol dong ,dan daftar warna yg ada apa saja..tlg detailnya mksh
fatlurahman
mau tanya mas, kalau mau cabut warna napthol agar bisa kembali ke putih lagi?? mohon penjelasannya ! trim's
budi
mohon jawaban , obat agar kain batik setelah di sablon , dan di cuci agar tidak luntur pakai apa obat apa ya ? harga berapa ? 0822 2747 2585
matur nuwun
ateng sumanttri
saya minat mau beli satu set alat membatik komplit dengan warna naptholnya, untuk warna primer saja Kuning,merah,biru. kompor, chanting 3 macam, malam,teepol,garam nitrit,soda ash harganya dan sejenisnya harganya berapa ya? hubungi 08129094479 ateng sumantri, nuhun.
umam
gan aku lagi mau molai usaha batik sablon alat masih kurang pewarna dan pengental...kl anda jual mohon bls k email kumam94@yahoo.com
ANTENA TV WAJANBOLIC
jual ANTENA TV BAGUS untuk TV LED model WAJANBOLIC
http://antenatv-rakitan.blogspot.com
bhucek
gan kasi info dong cara buat cat untuk sepatu sperti sepatu yg berbahan suede to kanvas krm ke email risky.bhucek@gmail.com
sinar
Bagaimana cara me3wantex pakaian yang benar agar tidak luntur, atau bahan apa yang dipakaiuntuk membuat pakaian yang diwantex tidak luntur. mohon info. sinarbaby@yahoo.com
Khoiron
Mas, apa jual Procion MX sekaligus obat anti lunturnya ya..
Mohon dijabarkan di email saya ya

Terima kasih
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio
Check PageRank


2017-11-24 14:19:13 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP