|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Ny Ani Susilo Bambang Yudhoyono belajar memBatik


Melestarikan dan mengembangkan batik merupakan tanggung jawab semua warga Indonesia sebab tidak hanya warisan budaya dunia itu yang akan lestari, kesejahteraan perajin-perajin batik juga akan ikut terangkat. Hal itu dikatakan Ny Ani Susilo Bambang Yudhoyono di Kota Cirebon.

Dalam kunjungan kerjanya ke Cirebon, Ny Ani Yudhoyono mengingatkan warga Indonesia agar bertanggung jawab melestarikan batik, yang kini termasuk salah satu warisan budaya tak benda yang diakui badan dunia UNESCO. Bentuk pelestarian dan pengembangannya bisa bermacam-macam, mulai dari pemahaman proses batik, penggunaan produk tekstil batik, promosi, hingga penciptaan generasi muda-generasi muda pembatik.

Ny Ani Yudhoyono menambahkan, regenerasi pembatik adalah masalah di industri batik yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah. Ada kekhawatiran generasi muda saat ini kurang peduli dan tertarik membuat batik. Padahal, tampilnya generasi muda sebagai pembatik akan memunculkan kreativitas motif batik-motif batik yang baru dan lebih beragam.

Dalam kunjungan itu, hadir pula Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, serta rombongan istri Kabinet Indonesia Bersatu dan istri- istri duta besar negara sahabat.
Menurut Jero Wacik, dia sengaja mengajak rombongan berjumlah 300 orang datang ke sentra batik untuk berbelanja batik. Selain sebagai ajang promosi dan meningkatkan penjualan batik, hal ini secara tak langsung memotivasi perajin terus berkreasi.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menambahkan, permintaan batik mulai meningkat, baik di pasar lokal maupun ekspor. Tahun 2010, target nilai ekspor batik dan produk tekstil batik sebesar 30 juta dollar Amerika Serikat, lebih besar dari realisasi ekspor tahun 2009 yang hanya 17 juta dollar AS. Selain Eropa dan Amerika Serikat, negara-negara tujuan ekspor batik tahun ini adalah Timur Tengah dan Afrika.
Menteri Perdagangan mengingatkan, agar lebih dikenal pasar, promosi jenis dan motif batik asal daerah-daerah di luar Jawa Tengah dan Yogyakarta perlu diperbanyak. Banyak konsumen di Jakarta tidak mengenal batik selain batik asal Yogyakarta, Solo, atau Pekalongan.

(sumbermojangbatik)



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor
Check PageRank


2018-01-17 08:24:08 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP