|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Menjelang Tahun Ajaran Baru, Permintaan Seragam Batik Meningkat


Setiap menjelang tahun ajaran baru untuk dunia pendidikan yang biasanya jatuh pada bulan Juni, ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pengrajin batik di Pekalongan. Order pesanan untuk pembuatan seragam batik meningkat tajam.

Semua level pendidikan mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-Kanak), hingga SMA, MAN, SMK semuanya mempunyai seragam batik sendiri-sendiri. Bahkan untuk level pendidikan yang berada dalam satu yayasan pun juga mempunyai seragam yang berbeda. Untuk institusi pendidikan yang berada di bawah yayasan, biasanya seragam batiknya dibedakan oleh perbedaan warna dasar batik, walaupun motifnya hampir serupa.

PAUD dan SMA dari yayasan A misalnya, akan mempunyai corak seragam batik yang berbeda baik dari warna dasar batiknya maupun dari motif lembaganya.

Pengrajin batik yang telah memiliki langganan sekolah, biasanya akan langsung menerima repeat order dari sekolah yang telah bertahun-tahun memesan seragam batik. Namun demikian ada juga sekolah baru yang mulai memesan seragam batiknya.

Pemesanan seragam batik sekolah biasanya ada beberapa titipan kegiatan seperti MKKS, FGMP, dll. Hal inipun juga bisa difasilitasi oleh para pengrajin batik Pekalongan.

Terkait dengan pemesanan batik dengan motif sendiri, masih banyak pecinta batik yang belum begitu memahami proses pembuatan batik, sehingga terkadang ada yang meminta contohnya satu pcs dulu. Hal ini tentu saja tidak mungkin bisa dikerjakan oleh pengrajin batik, karena untuk membuat suatu motif baru dibutuhkan modal awal yang cukup besar. Untuk pembuatan motif baru batik cap, tentu saja akan dibutuhkan biaya pembuatan canting cap yang harganya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Untuk pembuatan motif baru batik printing, akan dibutuhkan biaya pembuatan plangkan yang harganya berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 900 ribu per warna. Untuk pembuatan motif baru batik tulis, akan dibutuhkan biaya gambar master desain berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Nah, mungkin saja para pecinta batik yang ingin membuat seragam batik dengan motif sendiri dan hanya menginginkan jumlah yang sedikit, mereka beranggapan bahwa membuat batik adalah seperti mencetak / mengeprint pada komputer yang bisa dilakukan satuan. Tentu tidak demikian, karena batik adalah sebuah karya seni yang menuntut kreatifitas motif dan proses pewarnaan.



1 comments
wef
dwfswsw
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor
Check PageRank


2017-11-22 10:27:49 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP