|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Meracik Obat Pewarna Batik


Meracik obat perwana batik ternyata membutuhkan keahlian khusus dan pengalaman tertentu. Selain itu juga dibutuhkan keberanian dalam bereksperimen untuk mengkombinasi dari berbagai unsur obat batik yang ada sehingga akan dihasilkan suatu jenis warna yang menawan.

Racikan obat batik ini hanya berlaku untuk pewarnaan batik yang menggunakan bahan kimia dan bukan pewarna alam, karena pewarna alam batik hanya menghasilkan warna-warna yang cenderung kecoklatan, sedangkan pewarna batik dengan bahan kimia mampu menghasilkan warna-warni yang lebih bervariasi.

Sebagian pecinta batik memang menyukai batik dengan warna-warni yang bervariasi, namun sebagian yang lain lebih menyukai warna batik yang natural seperti batik warna alam.

Sebelum obat batik dicampur dengan air, maka harus dilakukan pengukuran/penimbangan obat batik dengan formula yang tepat. Perbedaan sedikit saja pada jumlah takaran obat batik akan menghasilkan jenis warna yang berbeda. Kombinasi obat batik, jumlah takaran, dan formula yang digunakan sudah sangat dihafal oleh para pengrajin batik, karena memang setiap hari mereka melakukan pekerjaan tersebut.

Namun tak jarang bila kita pernah membeli suatu kain batik, kemudian memesan lagi untuk jumlah yang lebih banyak sebagai seragam, terkadang warna yang dihasilkannya berbeda dengan kain batik yang pertama kita beli, padahal orang yang mengerjakannya adalah sama. Hal ini disebabkan oleh pemrosesan pewarnaan batik yang masih dilakukan secara tradisional yang berdasarkan pada ingatan semata, dan tidak ada dokumentasi catatan dari resep racikan obat batik yang digunakan sebelumnya. Hal inilah yang menjadi PR bagi para pengrajin batik untuk lebih tertib dalam mendokumentasikan resep yang telah digunakannya.

Ini suatu peluang untuk menjadikan proses pewarnaan batik menjadi lebih profesional, namun banyak pengrajin batik yang enggan melakukan dokumentasi tersebut, karena dirasa memperlambat dan membuat ribet proses peracikan warna. Memang tidak mudah untuk mengubah perilaku para pekerja batik menjadi lebih tertib dan profesional, namun hal ini harus dicoba walaupun agak sulit.

Untuk pekerja batik yang baru biasanya akan relatif lebih mudah untuk diarahkan pada pendokumentasian resep racikan obat batik ini, tetapi akan lebih sulit bagi pekerja batik yang sudah lama yang merasa sudah hafal dan berpengalaman. Begitulah karakter para pekerja batik yang merupakan sifat dasar manusia. Oleh karena itulah banyak pengrajin batik yang terus mencari tenaga kerja batik yang baru untuk melakukan pemrosesan batik melalui cara-cara yang lebih profesional. Jika ada yang tertarik untuk menjadi tenaga kerja batik yang lebih profesional silakan bergabung dengan kami.



5 comments
norcholis
cara gabungnya bagaimana?
wahyu
saya ingin bergabung agar bisa belajar membuat batik sendiri. Terimakasih
jazuli
saya ingin bergabung, gimana caranya
arez saputro
aku ingin sekali tau obat batik cap
baskoro eco
saya senang bisa dpt ilmu tmbhan disini trmkasihh
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio
Check PageRank


2017-06-24 19:15:05 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP