|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Musem Batik Pekalongan semakin berkembang dan diminati


Museum Batik kota Pekalongan semakin berkembang dan diminati pengunjung. Buktinya jumlah kunjungan ke museum unggulan kota Pekalongan ini terus meningkat setiap tahunnya. Kepala UPTD Museum Batik, Tanti Lusiani mengatakan bahwa museum batik merupakan salah satu ikon dan tujuan wisata. "Pekalongan sebagai World's City of Batik, tentunya wajib mempunyai tempat ataupun wadah tersendiri sebagai penyedia informasi lengkap tentang batik, dalam hal ini Pekalonga mempunyai museum batik" terangnya.

Museum batik berdiri pada tahun 2006 dan diresmikan langsung oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejak berdiri museum batik sudah banyak diminati dan dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal warga Pekalongan sendiri, domestik, maupun mancanegara. Pengunjung museum batik semakin meningkat terlebih setelah batik diresmikan sebagai salah satu warisan budaya dunia asal Indonesia oleh UNESCO.


Data kunjungan Museum Batik tahun 2011

No Bulan Jumlah Pengunjung
1Januari563
2Februari619
3Maret693
4April919
5Mei2189
6Juni1955
7Juli843
8Agustus141
9September295
10Oktober1549


Sambil menunjukkan data dari museum batik, Tanti Lusiani mengatakan bahwa data kunjungan wisatawan selama tahun 2011 terus mengalami kenaikan dan peningkatan paling tinggi terjadi pada bulan Mei, dimana pengunjung mencapai 2189 orang, bulan Juni mencapai 1955 orang, dan bulan Oktober mencapai 1549 pengunjung. "Masyarakat semakin antusias dengan batik, mereka tidak hanya ingin mengetahui macam-macam motif batik, namun juga ingin mengetahui proses pembuatan batik itu sendiri" tuturnya.

Terkait dengan keingintahuan masyarakat terhadap proses pembuatan batik, pengelola museum batik mengadakan praktek pelatihan dan workshop pembuatan batik bagi para pelajar, baik pelajar tingkat SD, SMP maupun SMA. "Tahun 2011 ini kami mengagendakan dan membuat jadwal bagi para pelajar yang ingin praktek langsung proses pembuatan batik di museum batik Pekalongan" tambahnya.

Tidak hanya dari sisi kunjungan, peningkatan juga terjadi pada koleksi batik. Tahun 2011 ini koleksi museum batik sudah mencapai 1075 koleksi, ditambah sumbangan koleksi pribadi ibu Ani Yudhoyono yang berkunjung ke museum batik, sehingga total koleksi batik berjumlah 1095. Diantaranya kategori Batik Nusantara, Batik Mancanegara, Batik Pesisiran, dan kategori lainnya.


Data koleksi Museum Batik tahun 2011
NoKategoriJumlah Kain
1Batik Mancanegara12
2Batik Pesisiran444
3Batik Nusantara194
4Batik Pedalaman284
5Non Batik42
6Batik Pinjaman1
7Batik Kontemporer68
8Sumbangan dari Ibu Ani Yudhoyono20


Dari segi sarana dan prasarana, museum batik juga terus mengalami peningkatan. Diantaranya alat-alat untuk pelatihan proses pembuatan batik yang bertambah, kini museum batik juga sudah dilengkapi CCTV sebagai alat keamanan, juga LCD TV sebagai penambah informasi visual dan juga sarana lainnya. Khusus untuk CCTV juga sudah terhubung dengan jaringan internet Speedy sehingga bisa dimonitor oleh pimpinan museum dimanapun beliau berada, asalkan terhubung dengan internet.

Terkait koleksi museum batik, Tanti Lusiani juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut menyumbangkan koleksinya ke museum batik. "Untuk masyarakat Pekalongan maupun luar Pekalongan, silahkan yang ingin menyumbangkan koleksi batiknya ke museum batik dalam bentuk apapun. Di sini nantinya koleksi tersebut akan dijaga dan dirawat, juga akan berguna dan bermanfaat bagi masyarakat yang berkunjung", himbaunya.

Selama ini sudah banyak masyarakat yang menyumbangkan koleksi batiknya dalam berbagai bentuk, diantaranya sandal batik, tas batik, baju batik, maupun kain batik dari berbagai motif.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2018-11-13 09:56:12 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP