|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Teknik Batik Printing


Cara pembuatan batik dengan teknik batik printing selalu diterapkan untuk pembuatan batik dalam jumlah yang sangat besar, seperti untuk pembuatan seragam batik ataupun memang dari industri batik tersebut sudah mempunyai market dan distributor yang sangat banyak, sehingga untuk memenuhi kebutuhan market dan distributornya dalam satu motif haruslah diproduksi dalam parta besar. Teknik batik printing ini dipilih karena biaya produksinya yang murah, juga waktu pengerjaannya yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan teknik batik cap maupun batik tulis.



Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk proses pembuatan batik printing adalah plangkan batik. Plangkan batik ini merupakan gambar motif batik yang akan dibuat. Tiap plangkan merepresentasikan satu warna, sehingga semakin banyak jumlah warna yang ada dalam suatu motif batik printing, maka akan dibutuhkan jumlah plangkan yang semakin banyak pula.






Setelah plangkan dibuat, proses selanjutnya adalah menyiapkan mori sebagai kain bahan dasar untuk pembuatan batik. Mori yang digunakan bisa mori yang masih polos (masih berwarna putih) ataupun yang sudah diberi warna. Tentunya ini sangat tergantung warna dasar dari motif yang akan dibuat. Jika memang warna dasar batiknya tidak putih, maka mori polos yang masih berwarna putih harus dilakukan proses pewarnaan dahulu. Setelah mori siap, mori tersebut diletakkan di atas meja batik (seperti terlihat pada gambar di atas) yang sebelumnya telah diolesi perekat, dimana tujuannya agar mori tidak bergeser selama proses pembatikan, karena jika mori bergeser sedikit saja maka akan menyebabkan motif batik menjadi cacat.






Selanjutnya satu persatu dilakukan proses pewarnaan batik sesuai desain awal dan plangkan yang telah ditetapkan. Cara pewarnaannya seperti cara menyablon, tetapi di sini sablonnya sangat panjang sesuai panjang meja batik, biasanya panjang meja hingga 35 meter. Cara penyablonannya dilakukan dengan loncat satu rel (rel ganjil) ukuran panjang plangkan, dengan tujuan agar pewarnaan yang masih basah tidak tertimpa. Baru setelah satu meja selesai semua diberikan pewarnaan, diulangi lagi dari awal untuk rel genap yang belum diberikan pewarnaan. Begitu seterusnya memutar hingga keseluruh meja batik.



Pekerjaan pewarnaan sablon ini harus dilakukan oleh dua orang, karena selain harus melakukan penggeseran plangkan sepanjang meja, juga harus melakukan pewarnaan dengan menggeser-tekan rakel sesuai ukuran plangkan.






Setelah warna pertama selesai semua, selanjutnya dilakukan pewarnaan kedua dengan plangkan yang kedua tentunya. Caranya persis seperti pada proses pewarnaan yang pertama tadi.






Proses pewarnaan teknik batik printing ini dilakukan terus hingga semua warna dengan pasangan plangkannya telah diimplementasikan semua.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2017-12-13 14:12:14 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP